120131 K-Pop Bantu Pasar Musik Jepang Bergairah
Written By Regina Kim on Tuesday, July 17, 2012 | 9:04 PM
K-Pop memang sedang mendunia dan menjadi wabah Hallyu Wave saat ini. Bahkan untuk seukuran negara kuat seperti Jepang, K-Pop dengan mudahnya masuk menjangkiti para remajanya.
Salah satu media Jepang, Sankei, menyebut K-Pop membantu membangkitkan lagi pasar musik Jepang yang tengah lesu. Buktinya, penjualan DVD Jepang Kara, "Kara Best Clip", melesat di urutan ke-4 chart tahunan Oricon untuk kategori penjualan DVD tahun 2011. DVD Kara yang berhasil terjual sebanyak 270 ribu copy itu dan berhasil mendapat sertifikat Platinum dari RIAJ, hanya kalah dari grup musik lokal Arashi dan AKB48.
Sankei juga menyebutkan, walau jumlah penjualan berbagai CD, DVD atau blue ray meningkat di Jepang, lebih dari 60 juta video merupakan produksi tahun lalu. Mereka menulis bahwa sebagian besar CD dan DVD yang terjual adalah milik artis Hallyu.
Menurut Sankei, sejak Korea Selatan mulai menayangkan sajian dalam bentuk HD (High Definition) di tahun 2011, masyarakat Jepang mulai menginginkan klip-klip artis idola mereka dengan versi yang sama. Sebelumnya, mereka hanya bisa menonton klip dari situs internet yang belum setara dengan HD.
Apalagi ditambah maraknya penggunaan smartphone akhir-akhir ini yang membuat orang lebih suka nonton video musik dari ponsel. Para perusahaan rekaman kini lebih berkonsentrasi untuk membuat klip dalam bentuk video daripada CD.
Pasar musik Jepang kini berubah, dari mendengarkan musik ke melihat (video) musik. Untuk itu, para penyanyi K-Pop kini bekerja ekstra keras untuk membuat video klip dengan kualitas sebagus mungkin serta memperbaiki kualitas video mereka.
Labels:
news
0 comments:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !